www.kemenagkotakediri,id-(Inmas) Hal itu disampaikan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki, pada saat melaksanakan kunjungna ke Pondok Pesantren Al Mahrussiyah III, Kelurahan Ngampel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Sabtu, (09 /09) Malam.

Kedatangan Wamenag tersebut, dalam rangka menghadiri undangan Peringatan Haul Al Marhum Al Maghfurlah KH. Imam Yahya Mahrus yang ke 12. Di halaman depan PP Almahrusiyah III.

Wamenag yang saat itu didampingi Kabid PAI Kemenag Jawa Timur, H. Najib, Kepala Kemenag kota Kediri, Moh Qoyim, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kota Kediri Dawut Maulan, Abdul Basith Kepala Seksi PAIS Kemenag kota Kediri, disambut langsung KH. Reza Ahmad Zahid putra pertama Alm. KH. Imam Yahya Mahrus.

Dalam sambutanya, Wamenag mengagumi sosok kyai kharismatik yang mengabdi dan membaktikan seluruh hidupnya untuk membimbing para santri dan pesantren yang menjadi tempat menimba ilmu agama para santri dari berbagai penjuru nusantara.

KH. Imam Yahya Mahrus, menurut Saiful adalah sososk yang dikenal sebagai kiai yang saleh sosial. Pribadi beliau yang rendah hati, ramah dengan berbagai kalangan, tidak pernah membeda-bedakan dalam pergaulan. Sehingga membuat beliau akrab dengan siapa saja.

Wamenag juga mengagumi sosok KH.Imama Yahya Mahrus, ia menjelaskan, meski beliau seorang tokoh besar, Yai Imam dikenal sebagai tokoh besar yang menguasai dua bidang sekaligus yakni dunia Pondok Pesantren dan dunia kampus.

“Ada Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah dan Tribakti, adalah salah satu bukti kebesaran beliau yang menguasai dua bidang sekaligus” terang Wamenag.

Mendekati tahun politik, wamenag juga menyebutkan sosok KH.Imam Yahya Mahrus adalah termasuk tokoh dari kalangan pondok pesantren, yang peduli terhadap  politik negara.


“Dalam berpolitik Yai Imam berprinsip “jangan terpesona dengan indahnya senyum hatimu, karena sewaktu-waktu bisa menerkamu” tutur Wamenag.

Diakhir sambutanya, wamenag berpesan untuk meneladani sosok tokoh yang sangat luar biasa yang dimiliki KH. Imam Yahya Mahrus yang diperingati Haulnya ke 12.

Selanjutnya, dalam kegiatan haul KH. Imam Yahya Mahrus juga di sampaikan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siroj, M.A Pimpinan Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan.

Turut hadir dalam haul, Wakapolda Jatim, Brigjen Pol. Ahmad Yusef Gunawan, Dr. H. Ahmad Jazuli, SH, M.Si (mewakili Gubernur Jawa Timur)
(Aly)

Share This :

By HUMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *