www.kemenagkotakediri.id-Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, sebagai lembaga negara yang menangani masalah keagamaan, berupaya memberikan layanan kepada masyarakat secara maksimal. Diantaranya pelayanan terkait penentuan arah kiblat mushollah dan masjid. Karena dengan akurasi arah kiblat sebuah masijd dan musholla, sangat berpengaruh kepada kaum muslim dalam melaksanakan sholat.

Jum’at (25/08), Pagi, Tim penentu arah kiblat Kemenag kota Kediri, akurasi arah kiblat musholla An Nur di tempat wisata Sumber Banteng lingkungan Wangkalan Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren kota Kediri.

Hal itu di sampaikan Amirudin ketua Pokjaluh Kemenag kota Kediri, dalam rangka memberikan layanan pengunjung dan masyarakat sekitar Wahana Sumber Banteng, yang membutuhkan akurasi arah kiblat musholla dan masjid. Menurut Amir, menetukan akurasi arah kiblat sangat perlu dilakukan, karena dengan mengetahui arah kiblat yang pasti akan menumbuhkan keyakinan seorang muslim dalam melaksanakan ibadah shalat, sehingga ibadahnya lebih khusyuk.

“Akurasi arah kiblat harus benar – benar diperhatikan karena akan menjadi acuan masyarakat yang akan melaksanakan sholat di musholla tersebut”, jelasnya

Ditambahkan Sudarsono selaku pengelola Wahana, ia mengaku sangat terbantu dan berterima kasih atas bantuan dan upaya dari tim penetu arah kiblat tempat ibadah, dari kemenag kota Kediri. Ia berharap nantinya tidak ada keraguan dari pengunjung, terkait arah kiblat saat melaksanakan sholat di musholla yang akan segera di bangun di dalam area Sumber Banteng tersebut.

Sebelumnya di sampaikan oleh Sudarsono, sudah ada musholla di dalam wahana. Akan tetapi menurut Sudarsono, untuk arah kiblat belum melalui proses akurasi arah kiblat dari petugas. Sehingga tidak jarang pengunjung Sumber Banteng yang berasal dari luar desa kebingungan mencari arah kiblat yang pas saat sholat di mushola.

Ia berharap, setelah proses akurasi arah kiblat dari tim penentu arah kiblat Kemenag kota Kediri, pengunjung yang melaksakan sholat di musholla yang akan di bangun nantinya, tidak merasa ragu dan was-was. Karena arah kiblat sudah melalui akurasi dan bersertifikat dari Tim Penentu arah kiblat Kantor Kementerian Agama kota Kediri.

Dengan disaksikan Tokoh agama setempat dan beberapa pengelola Wisata sumber Banteng, Tim penentu arah kiblat Kemenag kota Kediri yang beranggotakan empat orang dari kelompok kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kemenag kota Kediri, melakukan perhitungan dan penelitian di satu titik dengan menggunakan bayang matahari. Di lanjutkan dengan penerbitan sertifikat arah kiblat dari Kemenag kota Kediri, untuk diserahkan kepada pengelola Wahan wisata Sumber Banteng.(aly)

Share This :

By HUMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *