www.kemenagkotakediri.id-Pers Rilis-(Kemenag) – – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta maaf kepada seluruh jemaah haji Indonesia bila belum maksimal memberikan pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji 1444 H di tanah suci, Arab Saudi.

Permintaan maaf ini terlontar dari mulut Gus Men panggilan akrabnya saat menyapa kepulangan jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 71 asal Malang di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

“Atas nama pemerintah kami meminta maaf yang sebesarnya. Jika di tanah suci para petugas haji bersama pemerintah belum memberi pelayanan maksimal. Mohon iklhas.memaafkan para petugas dan pemerintah yang belum memberikan layanan maksimal,” ujar Gus Men, Minggu (30/7/2023) .

“Jika peristiwa Muzdalifah bis telat, Mina berdesakan, dan Arafah juga begitu, Pemerintah Indonesia sudah meminta pertangungjawaban pihak ketiga di Arab Saudii. Semoga tahun depan pelayanan di Arafah, Mina dan Muzdalifah lebih baik dari tahun ini,” harap Gus Men di depan ratusan jemaah haji asal Malang.

Ikut mendampingi Menag, Penasihat DWP Kemenag RI Eny Retno Yaqut, Kakanwil Kemenag Jawa Timur Husnul Maram dan Stafsus Menag Wibowo Prasetyo beserta Abdul Qadir.

“Saya senang melihat wajah bapak-ibu semua cerah ceria. Insya Allah menandakan hajinya mabrur. Saya tahu bapak-ibu semua tidak sabar ingin bertemu keluarga. Semoga selamat kembali ke daerah dan berkumpul bersama keluarga,” ujar Menag.

Selain menyapa jemaah, Menag dan rombongan juga menyempatkan melihat langsung kondisi terkini jemaah haji lansia di sejumlah kamar di Asrama Haji Surabaya sebelum kembali ke daerah asal.

“Sampaikan salam kami buat keluarga di rumah ya bapak-ibu. Dan tambahan air zam-zam 5 liter dapat diambil di kantor Kemenag setempat jadi bapak-ibu tidak perlu khawatir,” pesan Menag.

Sementara itu sejumlah jemaah haji lansia yang ditemui Menag mengaku puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan petugas dan pemerintah.

Seperti diutarakan Astukah dan Sunantiah jemaah haji lanjut usia asal Malang. Keduanya mengaku layanan yang diberikan sejak dari asrama haji.tanah suci hingga kembali lagi ke asrama haji sangat bagus dengan perhatian tulus dari para petugas.

“Alhamdulillah semuanya bagus, buah-buahannya juga banyak. Kami senang sekali. Begitu juga dengan layanan di asrama haji, ada yang mengatakan pelayanan bagus tahun ini berkat jemaah hani lansia,” ujar Sunantiah sambil tersenyum.

Share This :

By HUMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *